Entri Populer

Sabtu, 12 Februari 2011

Rangkaian Bunga

Posted on April 9, 2008 by lavigna

Rangkaian bunga eksotis juga dapat dijadikan sebagai hadiah untuk seseorang yang berulang tahun. Sebuket bunga ataupun rangkaian bunga dalam vas tentunya akan menambah kebahagiaan orang yang menerimanya. Bunga Anyelir yang berukuran kecil dapat dijadikan sebagai hiasan pada kue ulang tahun, yang mengitari kue tersebut. Pada pesta ulang tahun, bunga juga dapat dijadikan dekorasi, yang dapat dihias dengan balon. Bunga yang dapat dipilih adalah kesegaran dan keceriaan warna-warna dari bunga Mawar, Anyelir, Aster, serta bunga Matahari.
Bila Anda ingin merayakan ulang tahun pernikahan dan ingin memberikan bunga sebagai hadiah, Anda dapat memilih bunga Mawar merah untuk pasangan Anda. Rangkaian bunga Mawar merah yang mekar dan harum tentunya akan menambah rasa cinta setiap pasangan. Bunga juga dapat dijadikan sebagai ucapan selamat. Selain bunga Mawar, dapat juga dengan mekarnya bunga Lily yang dirangkai bersama bunga Aster.
Rangkaian bunga juga dapat dikirim saat kita menjenguk teman atau kerabat yang sedang sakit. Atau menjenguk sekaligus merayakan kelahiran bayi. Sebuket bunga Aster berwarna putih pada saat kita menjenguk kerabat yang sedang sakit, mampu membuat dia merasa lebih baik. Karena dengan kesegaran dan keharuman bunga tersebut dapat menjadi obat dan penghibur untuknya. Sedangkan untuk menjenguk bayi yang baru lahir, kita dapat memilih dan memberikan bunga-bunga berwarna lembut dan segar seperti bunga Anyelir berwarna krem untuk bayi laki-laki atau bunga Mawar berwarna merah muda untuk bayi perempuan.
Rangkaian bunga juga digunakan sebagai ucapan rasa terima kasih dan rasa simpati terhadap seseorang. Mengucapkan terima kasih kepada seseorang melalui rangkaian bunga merupakan suatu hal yang unik dan menyenangkan. Bunga yang harum, segar dan tahan lama dapat menjadi sebuah penghargaan untuk orang tersebut. Rangkaian bunga tersebut dapat berupa warna-warni bunga Mawar, Lily, dan Aster. Rangkaian bunga tersebut juga dapat menggunakan vas bunga. Bisa juga dengan rangkaian bunga Tulip berwarna-warni seperti merah tua, merah muda, kuning dan putih. Rangkaian bunga Tulip ini terlihat sangat manis dan cantik.
Filed under: Rangkaian Bunga | 1 Komentar »
Bagian – bagian Bunga
Posted on April 9, 2008 by lavigna

Biasanya setiap bunga memiliki bagian-bagian penting seperti putik dan benang sari sebagai alat reproduksi. Namun, bunga dapat dikatakan sebagai bunga lengkap bila memiliki 4 bagian yang paling utama.4 Bagian utama bunga (dari paling bawah ke atas) adalah sebagai berikut :
1. Calyx, yaitu daun bunga atau kelopak bunga, yang berada pada bagian utama bunga dan umumnya berwarna hijau. Kelopak atau daun bunga berfungsi sebagai perhiasan bunga dan selubung yang melindungi bunga.
2. Corolla, yaitu mahkota bunga. Pada umumnya, bentuk mahkota bunga tipis dan berwarna-warni, berguna untuk memikat serangga yang membantu proses penyerbukan serta melindungi benang sari dan putik.
3. Androecium atau benang sari yaitu Benang sari merupakan alat kelamin jantan yang tediri dari kepala sari dan tangkai sari. Di dalam kepala sari terdapat serbuk sari yang berguna untuk pembuahan.
4. Gynoecium atau putik yaitu sebagai tempat bakal buah. Putik terdiri dari kepala putik, tangkai putik dan bakal buah yang dikelilingi oleh banyak benang sari. Ini adalah tempat di mana serbuk sari diproduksi.
Filed under: Bagian-Bagian Bunga | 2 Komentar - komentar »
Merawat Bunga
Posted on April 9, 2008 by lavigna
Bunga dapat tumbuh mekar bila kita rajin merawatnya. Perawatan ini tidak hanya disiram dengan air saja tetapi membutuhkan perawatan yang lebih jika bunga ingin tetap mekar, indah dan tidak layu. Berikut ini cara-cara merawat bunga:
Bunga dalam pot atau vas
• Bersihkan dahulu pot atau vas bunga, karena pot atau vas harus dalam keadaan bersih
• Jika bunga ingin ditanam dalam pot, masukkan tanah dan pupuk secukupnya agar tanaman tumbuh dan berbunga. Sedangkan vas bunga hanya diisi air bersih untuk merendam bunga.
• Menyiramnya dengan air. Akan lebih bagus jika menyiramnya dengan air hangat.
• Memotong ujung batang tanaman sampai runcing agar air meresap pada tanaman melalui batang.
• Hindarkan bunga dari panas atau sinar matahari secara langsung supaya bunga tidak cepat layu atau mati. Sinar matahari yang bagus untuk tanaman bunga yaitu antara pukul 7 pagi sampai 11 siang. Setelah itu bunga sebaiknya dipindahkan ke tempat yang lebih teduh.
• Pindahkan letak daun apabila menyentuh permukaan air yang ada dalam vas bunga untuk menghindari berkembangnya bakteri dalam vas.
• Penyiraman bunga sebaiknya dilakukan setiap hari, pada pagi atau sore hari.
Filed under: Merawat Bunga | 1 Komentar »
Fungsi Bunga
Posted on April 9, 2008 by lavigna
Fungsi utama bunga bagi tanaman itu sendiri adalah untuk menghasilkan buah. Proses pembuahan ini akan menghasilkan biji. Pembuahan pada bunga harus melalui proses penyerbukan, lalu pembuahan dan selanjutnya pembentukan biji. Pembuahan dilakukan agar dapat memperbanyak bunga yang tumbuh.
Fungsi bunga juga terletak pada wanginya yang khas dan semerbak. Hal ini berguna untuk memikat hewan serangga yang membantu proses penyerbukan. Serangga seperti kupu-kupu sangat menyukai wangi, bentuk dan warna-warna bunga yang bervariasi. Kupu-kupu juga menyukai madu yang ada di dalam kepala putik.
Fungsi bunga yang lain yaitu sebagai tanaman hias. Orang-orang menggunakan tanaman bunga untuk menghiasi taman, kebun, halaman rumah, halaman perkantoran, bahkan di pinggir-pinggir jalan. Tanaman hias bunga beraneka ragam dan variasinya bila dibudidayakan, dapat dengan cara pencangkokan dan penyilangan antara bunga yang sejenis.Selain digunakan sebagai tanaman hias, orang-orang senang dimanjakan dengan warna-warna bunga atau hanya sekedar mencium wanginya.
Bunga juga digunakan oleh orang-orang dalam suatu kesempatan ataupun acara-acara penting. Misalnya saja pada pesta pernikahan, sebagai dekorasi dan hiasan. Bunga juga dapat digunakan pada pesta-pesta lainnya, atau bahkan upacara pemakaman seseorang yang meninggal. Bunga juga sering digunakan oleh orang-orang hanya sekedar untuk mempercantik ruangan di dalam rumahnya. Fungsi bunga lainnya yaitu dijadikan korsase atau bros yang dapat dipakai oleh orang-orang yang ingin mempercantik penampilannya.
Selain memiliki keindahan, tanaman bunga juga ada yang menghasilkan makanan, sayuran dan rempah-rempah, minuman dan bahan obat-obatan. Untuk sayuran misalnya brokoli dan kembang kol. Untuk rempah-rempah seperti cengkeh. Bunga Dandelion kerap digunakan dalam pembuatan anggur. Bunga Marigold digunakan sebagai makanan ayam agar isi telurnya berwarna sangat kuning. Kandungan bunga yang dapat dimakan yaitu meliputi: nasturtium, krisan, cattail, kamperfuli, chicory, cornflower.
http://lavigna.wordpress.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar